Rabu, 12 November 2014




PBX merupakan sebuah sentral  telepon  yang  punya fitur-fitur seperti sentral  telekomunikasi pada umumnya,  dan dimiliki oleh sebuah perusahaan .

Secara umum PBX dapat digolongkan menjadi 3 :

1.      Traditional PBX :

PBX yang hanyamen-support data suaraanalog saja dan beroperasi dijalur PSTN
2.      Hybrid PBX :
PBX yang bisamen-support data suaraanalog dandigital dan dapat beroperasi dijalur PSTN maupun jalur IP
3.      IP PBX :
PBX yang men-support data suara digital yang  beroperasi di jalur IP.

Fitur-fiturPBX
1.      Call Forwarding
·         Me-rutekancall / panggilankeperalatanlain.
·         Misal: call menuju ekstensi tertentu tidak segera diterima, di- forward kan ke voice mail box

2.      Call Transfer
·         Mentransfer sebuah panggilan kesebuah ekstensi lain
·         Misal: panggilan ke customer service (CS) disebuah perusahaan, diterima dulu oleh operator, kemudian baru ditransfer ke ekstensi CS yang dituju.

3.      Conference Call
PBX dapatmenghubungkan lebih dari dua pemanggil kesebuah grup sesi komunikasi yang disebut conference call Automatic Call Delivery (ACD)

4.      Automatic Call Delivery (ACD)
·         Me-rutekan call keagen-agen penanganan yang sesuai.
·         Pe-rutean ini tergantung dari spesialisasi agennya dan prioritas pemanggilnya.
·         UntukACD ini, PBX bisa berhubungan dengan sistim IVR yang secara otomatis akan memandu pemanggil melalui pilihan menu-menu yang tersedia

5.      Voice Messaging
·         Fitur ini menyediakan sarana untuk perekaman message suara untuk user dan memainkannya kembali.
·         Message bisa ditujukan untuk satu orang yang  tidak berada di tempatsaat panggilan datang, atau untuk sekelompok orang sebagai broadcast message.

6.      Call Queue
·         Kondisi ini terjadisaatcall yang dating tidak bisa terlayani, karena semua ekstensi tujuan sedang sibuk.
·         Call akan ditempatkan dalam sebuah antrian sampaiada salahs atu ekstensi yang melayani.
·         Biasanya ditambahkan fasilitas Music on holdy ang dimainkan selama call dalam antrian

7.      Least Cost Routing (LCR)
·         Panggilan dari telepon seluler bisa di-rutekan melalui jaringan PSTN,  namun ini akan menyebabkan cost menjadi mahal.
·         Alternatifnya, bisa di-rutekan langsung lewat gateway seluler

8.      Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang lain..

IP PBX
IP  PBX  atau  Internet  Protocol  Private  Branch  Exchange  adalah  PBX  yang  menggunakan  teknologi  IP.  IP  PBX  adalah  perangkat  switching  komunikasi  telepon  dan  data  berbasis  teknologi  Internet  Protocol  (IP)  yang  mengendalikan  ekstension  telepon  analog  maupun  ekstension  IP  Phone Fungsi-fungsi  yang  dapat  dilakukan  antara  lain  penyambungan,  pengendalian,  dan  pemutusan  hubungan  telepon;  translasi  protoko  l komunikasi;  translasi  media  komunikasi  atau  transcoding;  serta  pengendalian  perangkat-perangkat  IP  Teleponi  seperti  VoIP  Gateway,  Access  Gateway,  dan  Trunk  Gateway.

IP  PBX  merupakan  salah  satu  layanan  nilai  tambah  dari  layanan  voice  berbasis  paket  yang  menyediakan  kemampuan  kastemisasi  user  kepada  pelanggannya,  khususnya  dari  kalangan  bisnis  atau  korporasi,  dengan  mempergunakan  infrastruktur  jaringan  IP  ditambah  suatu  mesin/  server.Server  IP  PBX  berfungsi  untuk  membentuk  jalur  komunikasi  suara  pribadi  bagi  penggunanya  (closed  user  group)  dan  memberikan  pengelompokan  kepada  user  tertentu  sesuai  scenario  yang  dikehendaki.
Solusi  berbasis  IP  PBX  merupakan  konsep  jaringan  komunikasi  generasi  masa  depan  atau  dikenal  dengan  istilah  NGN  (Next  Generation  Network)  yang  dapat  mengintegrasikanjaringan  telepon  konvensional  (PSTN/POTS),  jaringan  telepon  bergerak  (GSM/CDMA),jaringan  telepon  satelit,  jaringan  Cordless  (DECT),  dan  jaringan  berbasis  paket  (IP/ATM).
IP  PBX  membawa  kemampuan  multilayanan  di  jaringan  IP  ke  dunia  komunikasi  teleponi,sehingga  akan  memungkinkan  semakin  banyak  layanan  komunikasi  yang  dapat  berjalan  diatas  jaringan  IP.  Multilayanan  tersebut  adalah  Voicemail  &  Voice  Conference,  Interactive  Voice  Response  (IVR),  Automatic  Call  Distribution  (ACD),  Computer  Telephony  Integration  (CTI),  Unified  Messaging  System  (UMS),  Fax  Server  &  Fax  on  Demand,  Call  Recording  System,  Billing  System,  serta  Web-based  Management  System.
IP  PBX  dapat  mendukung  antarmuka  trunk  Analog  FXO/FXS;  Digital  E1-MFC  R2,  ISDN  BRI,ISDN  PRI;  IP  (H.323/SIP/IAX);  dan  Analog  Tie  Line  E&M.  Selain  itu,  IP  PBX  dapatmendukung  antarmuka  ekstension  Analog  FXO/FXS;  ekstension  Digital;  ISDN  Interface  BRI(2B+D);  dan  TCP  IP  (H.323/SIP/IAX).

Manfaat  Layanan
Secara  umum  manfaat  dari  layanan  IP  PBX  adalah  memberikan  alternatif  bagi  perusahaan  untuk  mendapatkan  jaringan  private  komunikasi  suara  baik  itu  untuk  menghubungkan  kantor  pusat  dengan  cabang-cabangnnya,  dengan  remote  user,  interkoneksi  dengan  jaringan  IP,  atau  juga  dapat  dengan  jaringan  PSTN.
Melalui  konfigurasi  tersebut  maka  akan  didapat  keuntungan,  antara  lain:

a.  Meningkatkan  efisiensi  biaya
Pelanggan  dapat  memiliki  suatu  jaringan  pribadi  untuk  hubungan  antar  kantornya  melalui  pemanfaatan  jaringan  publik  dengan  penggunaan  leased  line  (LC)  yang  lebih  sedikit.  Pelanggan  memperoleh  biaya  komunikasi  suara  dengan  tarif  yang  lebih  ekonomis  bila  dibandingkan  menggunakan  Tarif  PSTN  existing  saat  ini  (bahkan  setara  dengan  local).  Dengan  dikelola  oleh  operator,  pelanggan  dapat  menikmati  layanan  tanpa  biaya  investasi  terhadap  PBX,  karena  telah  dilakukan  oleh  operator
Meminimisasi  (bahkan  menghilangkan)  biaya  operasi  dan  pemeliharaan  PBX

b.  Meningkatkan  fleksibilitas  komunikasi
Pelanggan  mendapatkan  jaringan  pribadi  (close  user  group)  untuk  liputan  area  yang  luas  dan  tersebar  secara  nasional,  bahkan  internasional.Pelanggan  secara  fleksibel  dan  cepat  dapat  menambah  atau  mengurangi  hubungan  ke  cabangnya.  Untuk  remote-office  dapat  dibuatkan  hubungan  VPN  yang  permanen  ataupun  tidak  permanen  dengan  setup  call.  Pelanggan  dapat  melakukan  panggilan  ke  luar  atau  menerima  panggilan  dari  luar  kelompoknya  baik  secara  nasional  maupun  internasional.  Panggilan  dapat  dilakukan  dengan  menggunakan  calling  card  untuk  mobile  atau  remote-user’.  Dapat  dibuatkan  hubungan  VPN  untuk  partner  sebagai  pengembangan  dari  layanan  B2B  atau  G2G.

c.  Meningkatkan  fungsi  kontrol
Data  pembicaraan  dan  biaya  panggilan  dapat  diketahui  dan  dapat  dibebankan  ke  dalam  satu  nomor  sehingga  mampu  mengontrol  biaya  komunikasi.  Khusus  pada  model  multi  tenant,  dapat  memberikan  keleluasaan  bagi  building  management  dalam  pengaturan  prioritas  dan  pembebanan  kepada  penggunanya
Dari  sisi  operator,  layanan  IP  PBX  akan  memberikan  keuntungan  sebagai  berikut  :
·         Meningkatkan  pendapatan  khususnya  dari  segmen  pelanggan  korporasi
·         Meningkatkan  penggunaan  jaringan  eksisting  IP  yang  sampai  saat  ini  belum  sepenuhnya  termanfaatkan
·         Meningkatkan  daya  saing  perusahaan
·         Memberikan  tambahan  variasi  layanan  kepada  pelanggan
·         Meningkatkan  citra  Perusahaan  yang  pada  gilirannya  dapat  berfungsi  sebagai  customer  retension





0 komentar :

Posting Komentar